Cara Membuat Gelembung Sabun yang Banyak dan Tahan Lama

Di posting oleh Rusminah Qumainah pada 12:39 PM, 19-Nov-13

Di: TIPS

Sebenarnya bingung mau posting apaan, gara-gara pakai paket internet yang lebih hemat dari biasanya, alhasil koneksi kadang mau kadang tidak. Makanya belum sempat bertandang ke te tempat sobat-sobat MWB sekalian.

Nah, sudah pada tahu kan gelembung sabun?

gelembung-sabun-jpg.jpg

Pasti waktu kecil suka banget main ini di lapangan sambil lari-lari. Walau sekarang di jaman serba canggih ini sudah banyak dijual cairan pembuat gelembung instan, lengkap dengan alat peniup otomatis dengan baterai, tak ada salahnya kita ingat-ingat lagi masa kecil dahulu dengan membuat gelembung sabun sendiri. Gak kalah, bisa banyak juga pas ditiup.

Bahan utamanya tentu saja sabun deterjen.

Dan untuk membuat gelembungnya banyak dan tidak mudah pecah kita bisa menambahkan pucuk daun kapuk, daun kembang sepatu atau daun kangkung (pilih salah satu).

Cukup diremas-remas dengan air sampai keluar warna dan pati daunnya menjadi licin seperti berlendir. Lalu disaring dan campur dengan deterjen secukupnya.

Untuk hasil terbaik adalah dengan pucuk kapuk randu, tapi karena susah didapat maka saya menggunakan daun kangkung saja pas main kemarin sore dengan anak-anak.

Sedangkan peniupnya saya menggunakan lidi yang ujungnya dilengkungkan membentuk lingkaran dan pangkalnya dijadikan pegangan. Kalau angin agak kencang, setelah dicelupkan tinggal diarahkan saja, maka bentuknya memanjang seperti terowongan kaca sampai kemudian jadi balon yang besar seukuran kepala.

Semilir sejuk angin sore dihiasi gelembung sabun, membuat anak-anak tertawa gembira.

Boleh dicoba, lumayan, obat stress.


Gambar dari:
penarevolusi.wordpress.com

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

45 tanggapan untuk "Cara Membuat Gelembung Sabun yang Banyak dan Tahan Lama"

Ɛmmą ʷ pada 12:51 PM, 19-Nov-13

Owh baru tau klo pke campuran daun2n,, sip lah..
Mkch tips na,

ryeLk edWINZ pada 12:52 PM, 19-Nov-13

obat stres. Ia bener, tapi kalo mainnya ga sama anak2 disangkanya mkkb haha

Khabib Soleh pada 01:19 PM, 19-Nov-13

saya dulu pernah juga main gelembung biggrin

Shaufiy Kahayan pada 01:36 PM, 19-Nov-13

Wah ternyata caranya sama dengan yang di lakukan anak-anak di tempat amang
juga di campur dengan pucuk kangkung

Abe Alvian pada 02:25 PM, 19-Nov-13

... Hehehe jadi inget masa kecil.

Cammyツ pada 02:40 PM, 19-Nov-13

wow ih, jdi tringat masa kecil suka main gelembung xixixi rolleyes

VAHROE RZ pada 02:47 PM, 19-Nov-13

Kalau banyunya 1 baskom,, deterjen + pucuk kangkungnya kira2 berapa,,

Djacka Artub pada 03:50 PM, 19-Nov-13

Kalau aku dulu cuma pakai getah pohon jarak, kemudian aku tiup pkai tangkai daunya mbak....hahahahahaha
Mengenang masa lalu...

ψ MaCaN stRez ψ pada 03:59 PM, 19-Nov-13

wah penemuan baru ini buat saya, mungkin akan saya jadikan bisnis klecil-kecilan jualan di sekolah sd kayaknya laku keras ni biggrin

pete adi pada 04:09 PM, 19-Nov-13

itu daunya mendingan buat makan kambing, sapi to kelinci to bak. Hhhe

kunbal ya.

Rusminah Qumainah pada 04:31 PM, 19-Nov-13

@ψ MaCaN stRez ψ,

boleh bgt tu. Kalo bs yg pake pucuk kapuk randu, di jamin tokcer byk balonx, apalg niupx pake sedotan. Bs panjang bgt, anak2 pasti suka.

Mirjan pada 06:12 PM, 19-Nov-13

hehe

Bisa aja, nih post cocok buat yg punya anak. smile

baibae pada 06:15 PM, 19-Nov-13

jadi inget dulu waktu kecil bun, haduuuh pengeeeeeen daaaaaaah....

SALMAN ALFARISI pada 06:20 PM, 19-Nov-13

Oke , ane coba

Lisa Nel pada 07:50 PM, 19-Nov-13

mau mencoba mbk...mudah-mudahan berasil smile

riniwp pada 08:14 PM, 19-Nov-13

Mang sekali kali anak diajak maen sabun ya mbak,,biar gak maen game terus...
Gak bisa bayangin tuh dua prajuritnya riang gembira...

Radika Iranda pada 08:14 PM, 19-Nov-13

Bener tuh bund
Saya juga waktu kecil dulu sering pakai daun kembang sepatu smile

habieb alfadz pada 09:12 PM, 19-Nov-13

hadir
.posting yang sangat bermanfaat
jangan lupa Kunbal

JHON AHMAD pada 09:21 PM, 19-Nov-13

malu ah..maen ma gelembung sabun..aku sekarang udah besar,,mainan yang cocok buat aku apa ya..

Nur Syahlan Haa pada 10:20 PM, 19-Nov-13

malam yang indah ya sobatt.. smile
berkelip bintang di bawah kerlipan posting sobat yg mudah-mudahan bermanfaat bagi visitor dan kita semua..
'keep sharing for we, on user mywapblog and other..'

wassalamualaikum... smile

kangerbete pada 12:27 AM, 20-Nov-13

Kalau dulu waktu kecilku aku membuat gelembung dari getah jarak pagar sob. Lebh asyik. Tp tipnya sobat oke juga.

eanreana pada 01:18 AM, 20-Nov-13

Assalamualaikum wr wb.

Benar ya! Dulu kita jadi kreatif karena mau apa2 harus bikin dulu.

Kalo aku dulu niupnya pakai batang kangkung yg udah ditusuk lidi biar berlobang. Tapi paling sering bikin pakai daun kembang sepatu.

Masa kecil yg indah!
Maaf telat..!

Shin Elqi pada 01:53 AM, 20-Nov-13

baru tahu ada cara seperti itu...terima kasih telah berbagi smile

YᎾCe Mobile Blog pada 03:10 AM, 20-Nov-13

wah bagus ni wat mainan anak ku.
Mksh ea

Tyana Arsya pada 03:25 AM, 20-Nov-13

Kalau aku dulu pake getah kembang sepatu bund,,
sampe sampe dimarahin kakak karena bunga kesayangannya q pake buat mainanbiggrin

Gotrex pada 03:59 AM, 20-Nov-13

jd kangen dlu gan.


D!TUNGGU KUNBALNYA SOB. . . .biggrin.smile

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx pada 10:54 AM, 22-Nov-13

smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
Ooo itu tho rahasianya bikin gelembung,soalnya aku bikin ngk pernah tahan lama.mmakasih.smilesmilesmilesmilesmilesmile: .ditunggu kunjungan baliknya di blog aku yaa
serpihanfb.mywapblog.com/faedah-doa-nurbuwat.xhtml
Ada kehidupan manusia lain didalam perut bumi
serpihanfb.mywapblog.com/ada-kehidupan-dan-dunia-lain-di-dalam-bu.xhtml

Wenny to vino pada 03:48 PM, 11-Feb-14

Thanks ide nya buat anak q biar ga ngerengek beli trz

safii pada 10:26 PM, 16-Mar-14

76aa49a3

Fikri dhiya pada 03:19 PM, 06-Apr-14

Makasih ya cara membuat gelembungnya yang tahan
Lama . Sangat bermanfaat

Rusminah Qumainah pada 05:05 PM, 07-Apr-14

@Fikri dhiya ,

masama.

Rine Fazrani pada 12:01 PM, 12-Apr-14

kok aku bikin dari daun kangkung pas ditiup balonnya cuma satu, cepet pecah lagi

Rusminah Qumainah pada 01:20 PM, 12-Apr-14

@Rine Fazrani,

airx jgn byk, usahakan meremas daunx sampai mengental dan mjd lendir yg licin. Tmbhkan deterjen secukupx. Biasax kalo udah pas adonan cairanx, hasil balonx lumayan byk, apalg kalo pas angin kencang.

rowi pada 04:25 PM, 23-Apr-14

mau kucoba ah

Rofiudin pada 07:30 PM, 02-May-14

Yap bsk sya cba

jian jefina pada 05:10 PM, 18-May-14

bisa daun pucuk merah

anisa mulyani pada 11:26 AM, 31-May-14

Sekarang sya udh tau cara pembuatan nya yg lebih tahan lama dan tdk gampang pecah,maksih ya atas cra pembuatan nya.

Rusminah Qumainah pada 03:43 PM, 01-Jun-14

@anisa mulyani,

masama.

Afda vialia yofita pada 02:42 PM, 25-Jun-14

Kalau aku buatnya pakek sabun cuci piring, terus buat niupnya pakek kawat yang dibentuk bulat dan dikasig benang woll pinggirnya,tapi gelembungnya cepet pecah dan sedikit hasilnya

Atha azzahra yuanita pada 02:44 PM, 25-Jun-14

Makasih ya.. Udah dikasih tau
jadinya aku gak sabar pingin nyoba

Rusminah Qumainah pada 08:10 PM, 26-Jun-14

@Afda vialia yofita,
@atha azzahra

iya, kalo mau awet yg plg bgus pake pucuk daun kapuk. Tp kalo susah pake daun kembang sepatu atau daun kangkung air sbg alternatif, hasilx lumayan walau gak sebgus daun kapuk.

Tp kalo mau praktis bs pake Kit Motor Shampo, byk tuh jd balonx, cmpur air dikit aja udah jadi.

@ALL

Thanks semuax udah mampir di blog sy.

Saffanah pada 03:14 PM, 30-Jun-14

Keren juga tuh cara a!!!!!!! biggrin

trie pada 09:54 PM, 07-Jul-14

hahahaha betul tuh pk kit car shampoo ajah, tambah air dikit, langsung banyak banget balonnya... ga perlu cape2 remes2 kangkung, kangkungnya buat di masak ajah sama bawang putih+cabe rawit+garam+gula.. makan sama sambel dadak.. mantap....

ane pada 08:34 AM, 24-Jul-14

boleh di coba nich.thx infonya

basori anak ajaib pada 05:11 AM, 06-Aug-14

Ane coba

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)