Cara Membuat Gelembung Sabun yang Banyak dan Tahan Lama

by Rusminah Qumainah on 12:39 PM, 19-Nov-13

Category: TIPS

Sebenarnya bingung mau posting apaan, gara-gara pakai paket internet yang lebih hemat dari biasanya, alhasil koneksi kadang mau kadang tidak. Makanya belum sempat bertandang ke te tempat sobat-sobat MWB sekalian.

Nah, sudah pada tahu kan gelembung sabun?

gelembung-sabun-jpg.jpg

Pasti waktu kecil suka banget main ini di lapangan sambil lari-lari. Walau sekarang di jaman serba canggih ini sudah banyak dijual cairan pembuat gelembung instan, lengkap dengan alat peniup otomatis dengan baterai, tak ada salahnya kita ingat-ingat lagi masa kecil dahulu dengan membuat gelembung sabun sendiri. Gak kalah, bisa banyak juga pas ditiup.

Bahan utamanya tentu saja sabun deterjen.

Dan untuk membuat gelembungnya banyak dan tidak mudah pecah kita bisa menambahkan pucuk daun kapuk, daun kembang sepatu atau daun kangkung (pilih salah satu).

Cukup diremas-remas dengan air sampai keluar warna dan pati daunnya menjadi licin seperti berlendir. Lalu disaring dan campur dengan deterjen secukupnya.

Untuk hasil terbaik adalah dengan pucuk kapuk randu, tapi karena susah didapat maka saya menggunakan daun kangkung saja pas main kemarin sore dengan anak-anak.

Sedangkan peniupnya saya menggunakan lidi yang ujungnya dilengkungkan membentuk lingkaran dan pangkalnya dijadikan pegangan. Kalau angin agak kencang, setelah dicelupkan tinggal diarahkan saja, maka bentuknya memanjang seperti terowongan kaca sampai kemudian jadi balon yang besar seukuran kepala.

Semilir sejuk angin sore dihiasi gelembung sabun, membuat anak-anak tertawa gembira.

Boleh dicoba, lumayan, obat stress.


Gambar dari:
penarevolusi.wordpress.com

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

43 responses to "Cara Membuat Gelembung Sabun yang Banyak dan Tahan Lama"

Ɛmmą ʷ [12:51 PM, 19-Nov-13]

Owh baru tau klo pke campuran daun2n,, sip lah..
Mkch tips na,

ryeLk edWINZ [12:52 PM, 19-Nov-13]

obat stres. Ia bener, tapi kalo mainnya ga sama anak2 disangkanya mkkb haha

Khabib Soleh [01:19 PM, 19-Nov-13]

saya dulu pernah juga main gelembung biggrin

Shaufiy Kahayan [01:36 PM, 19-Nov-13]

Wah ternyata caranya sama dengan yang di lakukan anak-anak di tempat amang
juga di campur dengan pucuk kangkung

Abe Alvian [02:25 PM, 19-Nov-13]

... Hehehe jadi inget masa kecil.

Cammyツ [02:40 PM, 19-Nov-13]

wow ih, jdi tringat masa kecil suka main gelembung xixixi rolleyes

VAHROE RZ [02:47 PM, 19-Nov-13]

Kalau banyunya 1 baskom,, deterjen + pucuk kangkungnya kira2 berapa,,

Djacka Artub [03:50 PM, 19-Nov-13]

Kalau aku dulu cuma pakai getah pohon jarak, kemudian aku tiup pkai tangkai daunya mbak....hahahahahaha
Mengenang masa lalu...

ψ MaCaN stRez ψ [03:59 PM, 19-Nov-13]

wah penemuan baru ini buat saya, mungkin akan saya jadikan bisnis klecil-kecilan jualan di sekolah sd kayaknya laku keras ni biggrin

pete adi [04:09 PM, 19-Nov-13]

itu daunya mendingan buat makan kambing, sapi to kelinci to bak. Hhhe

kunbal ya.

Rusminah Qumainah [04:31 PM, 19-Nov-13]

@ψ MaCaN stRez ψ,

boleh bgt tu. Kalo bs yg pake pucuk kapuk randu, di jamin tokcer byk balonx, apalg niupx pake sedotan. Bs panjang bgt, anak2 pasti suka.

Mirjan [06:12 PM, 19-Nov-13]

hehe

Bisa aja, nih post cocok buat yg punya anak. smile

baibae [06:15 PM, 19-Nov-13]

jadi inget dulu waktu kecil bun, haduuuh pengeeeeeen daaaaaaah....

SALMAN ALFARISI [06:20 PM, 19-Nov-13]

Oke , ane coba

Lisa Nel [07:50 PM, 19-Nov-13]

mau mencoba mbk...mudah-mudahan berasil smile

riniwp [08:14 PM, 19-Nov-13]

Mang sekali kali anak diajak maen sabun ya mbak,,biar gak maen game terus...
Gak bisa bayangin tuh dua prajuritnya riang gembira...

Radika Iranda [08:14 PM, 19-Nov-13]

Bener tuh bund
Saya juga waktu kecil dulu sering pakai daun kembang sepatu smile

habieb alfadz [09:12 PM, 19-Nov-13]

hadir
.posting yang sangat bermanfaat
jangan lupa Kunbal

JHON AHMAD [09:21 PM, 19-Nov-13]

malu ah..maen ma gelembung sabun..aku sekarang udah besar,,mainan yang cocok buat aku apa ya..

Nur Syahlan Haa [10:20 PM, 19-Nov-13]

malam yang indah ya sobatt.. smile
berkelip bintang di bawah kerlipan posting sobat yg mudah-mudahan bermanfaat bagi visitor dan kita semua..
'keep sharing for we, on user mywapblog and other..'

wassalamualaikum... smile

kangerbete [12:27 AM, 20-Nov-13]

Kalau dulu waktu kecilku aku membuat gelembung dari getah jarak pagar sob. Lebh asyik. Tp tipnya sobat oke juga.

eanreana [01:18 AM, 20-Nov-13]

Assalamualaikum wr wb.

Benar ya! Dulu kita jadi kreatif karena mau apa2 harus bikin dulu.

Kalo aku dulu niupnya pakai batang kangkung yg udah ditusuk lidi biar berlobang. Tapi paling sering bikin pakai daun kembang sepatu.

Masa kecil yg indah!
Maaf telat..!

Shin Elqi [01:53 AM, 20-Nov-13]

baru tahu ada cara seperti itu...terima kasih telah berbagi smile

YᎾCe Mobile Blog [03:10 AM, 20-Nov-13]

wah bagus ni wat mainan anak ku.
Mksh ea

Tyana Arsya [03:25 AM, 20-Nov-13]

Kalau aku dulu pake getah kembang sepatu bund,,
sampe sampe dimarahin kakak karena bunga kesayangannya q pake buat mainanbiggrin

Gotrex [03:59 AM, 20-Nov-13]

jd kangen dlu gan.


D!TUNGGU KUNBALNYA SOB. . . .biggrin.smile

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx [10:54 AM, 22-Nov-13]

smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
Ooo itu tho rahasianya bikin gelembung,soalnya aku bikin ngk pernah tahan lama.mmakasih.smilesmilesmilesmilesmilesmile: .ditunggu kunjungan baliknya di blog aku yaa
serpihanfb.mywapblog.com/faedah-doa-nurbuwat.xhtml
Ada kehidupan manusia lain didalam perut bumi
serpihanfb.mywapblog.com/ada-kehidupan-dan-dunia-lain-di-dalam-bu.xhtml

Wenny to vino [03:48 PM, 11-Feb-14]

Thanks ide nya buat anak q biar ga ngerengek beli trz

safii [10:26 PM, 16-Mar-14]

76aa49a3

Fikri dhiya [03:19 PM, 06-Apr-14]

Makasih ya cara membuat gelembungnya yang tahan
Lama . Sangat bermanfaat

Rusminah Qumainah [05:05 PM, 07-Apr-14]

@Fikri dhiya ,

masama.

Rine Fazrani [12:01 PM, 12-Apr-14]

kok aku bikin dari daun kangkung pas ditiup balonnya cuma satu, cepet pecah lagi

Rusminah Qumainah [01:20 PM, 12-Apr-14]

@Rine Fazrani,

airx jgn byk, usahakan meremas daunx sampai mengental dan mjd lendir yg licin. Tmbhkan deterjen secukupx. Biasax kalo udah pas adonan cairanx, hasil balonx lumayan byk, apalg kalo pas angin kencang.

rowi [04:25 PM, 23-Apr-14]

mau kucoba ah

Rofiudin [07:30 PM, 02-May-14]

Yap bsk sya cba

jian jefina [05:10 PM, 18-May-14]

bisa daun pucuk merah

anisa mulyani [11:26 AM, 31-May-14]

Sekarang sya udh tau cara pembuatan nya yg lebih tahan lama dan tdk gampang pecah,maksih ya atas cra pembuatan nya.

Rusminah Qumainah [03:43 PM, 01-Jun-14]

@anisa mulyani,

masama.

Afda vialia yofita [02:42 PM, 25-Jun-14]

Kalau aku buatnya pakek sabun cuci piring, terus buat niupnya pakek kawat yang dibentuk bulat dan dikasig benang woll pinggirnya,tapi gelembungnya cepet pecah dan sedikit hasilnya

Atha azzahra yuanita [02:44 PM, 25-Jun-14]

Makasih ya.. Udah dikasih tau
jadinya aku gak sabar pingin nyoba

Rusminah Qumainah [08:10 PM, 26-Jun-14]

@Afda vialia yofita,
@atha azzahra

iya, kalo mau awet yg plg bgus pake pucuk daun kapuk. Tp kalo susah pake daun kembang sepatu atau daun kangkung air sbg alternatif, hasilx lumayan walau gak sebgus daun kapuk.

Tp kalo mau praktis bs pake Kit Motor Shampo, byk tuh jd balonx, cmpur air dikit aja udah jadi.

@ALL

Thanks semuax udah mampir di blog sy.

Saffanah [03:14 PM, 30-Jun-14]

Keren juga tuh cara a!!!!!!! biggrin

trie [09:54 PM, 07-Jul-14]

hahahaha betul tuh pk kit car shampoo ajah, tambah air dikit, langsung banyak banget balonnya... ga perlu cape2 remes2 kangkung, kangkungnya buat di masak ajah sama bawang putih+cabe rawit+garam+gula.. makan sama sambel dadak.. mantap....

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)